Cara Membuat Kue Klepon Isi Cokelat

Cara Membuat Kue Klepon Isi Cokelat. Klepon adalah salah satu makanan tradisional yang sangat khas. Klepon biasanya berwarna hijau, itu berasal dari warna alami daun pandan. Kue tradisional ini sangat digemari masyarakat luas. Terbuat dari adonan tepung beras, berbentuk bulat, di isi gula merah, direbus dan digulingkan kedalam kelapa parut yang telah direbus.

Kue klepon umumnya dibungkus dengan daun pisang, tapi seiring berkembangnya selera masyarakat modern tampilan kuenya dapat berbeda kemasannya maupun variasi isinya. Berikut Resep sederhana yang sangat mudah membuat klepon untuk makanan dirumah dan dapat disajikan untuk para tamu.

Resep Klepon Isi Coklelat

Bahan Kulit
500 gram tepung ketan
1 sdt garam halus
2 sdm air kapur sirih
2 sdm sari daun pandan hijau
250 ml air hangat

Bahan isi
100 gram cooking chocolate cincang kasar
150 gram gula halus

Bahan Lain
1/2 buah kelapa parut, kukus
Air secukupnya untuk merebus

Cara Mebuat

  1. Isi : Campur semua bahan isi hingga rata. Sisihkan.
  2. Kulit : Campur tepung ketan, garam, air kapur, dan sari daun pandan. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan kalis.
  3. Ambil adonan, bentuk menjadi bola sebesar kelereng, pipihkan. Letakan adonan isi dbagiab tengah adonan, tutup dan bentuk kembali menjadi bola kecil.
  4. Rebus air hingga mendidih, masukan adonan klepon, masak hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  5. Gulingkan klepon diatas parutan kelapa kukus. Biarkan hingga dingin. Kemas klepon menggubnakan daun pisang atau plastik mika. 
  6. Kue Klepon siap disajikan.

Disqus Comments