Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau. Jengkol disebut juga jering merupakan suku polong-polongan atau fabaceae yang di Asia terutama di Indonesia begitu digemari. Orang-orang barat menyebut buah jengkol dengan sebutan "dog fruit" sedikit sadis bagi yang menyukai buah jengkol.

Jengkol mempunyai aroma yang sangat khas yakni bau yang menyengat dan susah hilang walau sudah di cuci berkali-kali itu dikarenakan kandungan asam jengkolat yang sangat tinggi. Walau begitu, bagi fans jengkolat aroma yang tak sedap itu tak menghindahkan untuk terus memburu jengkol kemanapun beliau pergi, walau sempat harganya melambung melebihi daging ayam tapi permintaan untuk konsumsi jengkol tidak berkurang, ini menandakan jengkol sangat enak, nikmat, lezat dan digemari oleh masyarakat Asia terutama Indonesia.

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

Nah bagi Anda yang menyukai masakan jengkol, tapi tidak mau terganggu dengan aroma jengkol yang sangat bau, berikut cara menghilangkan aroma bau pada jengkol tanpa merusak rasa khas pada jengkol itu sendiri.
  • Pilihlah buah jengkol yang sudah betul-betul matang, karena jengkol muda kurang enak dan menghasilkan bau yang lebih gila daripada jengkol yang sudah matang.
  • Rendamlah terlebih dahulu jengkol tersebut sebelum di masak. Proses perendaman jengkol sangat berguna untuk menghilangkan bau yang sangat menyengat. Usahakan merendam jengkol semalaman dengan menambahkan kapur sirih atau daun pepaya. Sesudah itu airnya buang jangan diminum sebab ga enak.
  • Agar jengkol empuk dan enak di makan, coba tambahkan daun jambu biji ketika proses memasak, kalau tak ada bisa diganti dengan daun jeruk purut dan masukan kedalam pasakan jengkol hingga jengkolnya empuk. Proses ini biasanya menghabiskan dua jam-an dengan kompor gas, atau sekitar satu jam kurang jika memakai presto.
  • Setelah proses perebusan silahkan pukul jengkol agar bentuknya pipih, cara ini bertujuan agar bumbu dapat diserap oleh jengkol. sebaiknya ketika perebusan jengkol tidak terlalu masak agar jengkol, tidak hancur saat dipipihkan. Setelah itu Anda dapat mengolah jengkol sesuai dengan selera Anda. 
Ternyata cukup mudah ya menghilangkan bau pada jengkol ketika ingin mengonsumsinya. Kita bisa menikmati jengko, tanpa takut akan bau yang ada didalamnya.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan berbagai macam bau dimulut seperti bau jengkol, petai dan bawang silahkan kunjungi Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami ini terima kasih.

Disqus Comments